#TIPSBELANJA Ala Anak Kost

March 30, 2016


Hi, kali ini aku mau bahas #tipsbelanja buat kita semua terutama cewe-cewe dan khususnya yang seperti aku (dibaca: anak rantauan -kost). Ya, walaupun tinggalnya bukan kost, ya sebut aja deh kost+ hehe. Tapi bisa dibilang semua pengeluarannya sama aja kok.

Nah, langsung aja ini tips belanja yang aku lakuin:

1. WHAT I NEED?
    Nah, sering dong denger kalo orangtua bilang (khususnya mama) "beli seperlunya aja", secara khususnya "beli yang penting aja". Kalo aku mikirnya ya gapapa deh beli yang gak begitu perlu, siapa tau ntar jadi perlu hehe.
Tapi...
    Setelah udah hampir 2 tahun bener-bener hidup sebatang kara (hahaha), akhirnya aku ngerti kenapa aku harus beli yang aku butuhkan, bukan yang aku pengenin. Kalau dulu dirumah, gak kepake yaudah kita gak mikirin. Tapi karena hidup sendiri, aku jadi mikir kalau uangnya gak buat beli itu aku bisa buat beli yang lebih penting buat ntar kedepan dan jadinya masih punya uang kepepet! (dibaca: uang jaga-jaga).

Yah, jadinya aku gak bisa ikutin trend dong?
Bisa aja! Aku bahas secara detail di artikel lain ya^^

2. Belanja di Pasar Tradisional, WHY NOT?
    Jujur, aku di Jakarta bingung mesti belanja sayuran yang murah dimana, karena aku dikelilingi pusat perbelanjaan yang target konsumennya menengah keatas. Akhirnya aku nemuin abang sayur gerobakan di depan apartment setiap pagi. Awalnya aku mikir, "kok gak begitu fresh ya?" "Ini beneran bagus gak sih sayurnya?" "jam 7 pagi aja yang beli sayurnya jarang". Tapi akhirnya aku beli juga, dan ya... bagus-bagus aja.
   Banyak banget keuntungan beli sayur di pasar tradisional / yang gerobakan. Sayur & dagingnya masih banyak yang fresh kalau kita belinya pagi-pagi. (Aku pernah beli sekitar jam 5:30 dan itu cukup rame, dan ya masih fresh).

3. NAWAR? AYO!
     Nah, kalo berbelanja di pasar tradisonal jangan lupa.... NAWAR. Apalagi kalo belanja (selain makanan), kita tau harga pasarannya lebih rendah, coba aja di tawar (kalaupun gak tau, coba aja! hahaha). Belanja dengan menawar harga itu nggak dosa kok, jadi setiap toko nawar juga gapapa! Nah, ini untungnya kalo belanja di tempat tradisional gak ada patokan diskon. Biasanya, kalau nawar aku pakai trik yang biasa mama pake kalo belanja pakaian.

  1. Udah liat-liat barangnya, kalau suka jangan langsung beli! Tanya dulu harganya....
  2. Kalo udah tau harganya, walaupun kamu sanggup bayar segitu tetep jangan langsung beli ya. Coba inget kira-kira pasaran harganya berapa. Kalau gak tau harga pasarannya, liat dari segi bahan, dsb apa harganya sebanding dengan kualitasnya? Kalau harganya kemahalan, coba tawar 1/2 harga dari yang penjual sebutkan.
  3. Kalau ternyata si penjual gak mau kasi lebih murah walaupun sedikit (inget ya, ini berlaku di tempat-tempat tertentu yang bisa ditawar. Contohnya di Pasar Sudirman Pontianak)
  4. Yaudah, tinggal pergi aja kalo si penjual gak mau sama sekali.. (Tapi aku mau banget barangnya gimana? yaudah muter dulu aja kalo gak ada nemuin yang pas di toko lain, balik lagi hehehe)
  5. Biasanya, si penjual tau kita mau pergi, dia langsung bilang "yaudah, harga pas deh segini Rp..." kalau bisa tawar lagi aja dibawah itu sedikit. Kalau si penjualnya bilang "yaudah, maunya berapa?" tetep inget tawaran pertama ya! hehehe. Biasanya si penjual (pura-pura) pasrah biar deal. (Emang gak semua pura-pura pasrah, tapi biasanya trik itu biar keliatan si penjual rela rugi demi pelanggan) hehe.

penjual mana sih yang mau rugi jualannya? :p


4. Diskon 50%? 80%? Eits.. tunggu dulu!
     Diskon 50% atau 80% sekalipun bukan berarti selalu murah ya, walaupun tulisannya "Cuci Gudang / Garage Sale". Lawan jenis itu kadang-kadang pesonanya mengalahkan tulisan produk SALE (hehehe). Sebenarnya diskon besar-besaran maupun diskon kecil sekalipun itu menghipnotis kita (ini hipnotis hasrat belanja lho ya hahaha). Kalo diskon biasa tetap mahal, bahkan bisa lebih mahal dari tempat lain walaupun produk dan kualitasnya sama lho! Jadi, hati-hati kalau soal diskon ya.. 
*Eh, jangan lupa tanya ya sama SPG / SPM/B-nya diskon sampai kapan + Syarat & Ketentuannya gimana hehe

5. Jangan males cek di tempat lain, ya!
     Nah, ini hal yang penting. Karena aku sendiri selalu lakuin ini, emang banyak habisin waktu tapi daripada nyesek kalo di tempat lain lebih murah hehehe. Kalau diskon belum tentu pilihan yang tepat, silahkan survey. Kenapa? Karena kebanyakan semakin trend tempat tersebut, semakin suka-suka ngasi harga! hehe (inget, kebanyakan lho ya..). Coba bandingin di tempat lain (bisa browsing di om google, atau lapak khusus seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee ID, Lazada dsb. karena biasanya di online jauh lebih murah & kualitasnya beda tipis / sama!). Ya, kalau bisa jangan cek di 1 tempat aja, cek di beberapa biar gak rugi + inget ya hitung termasuk ongkos kirimnya juga. Kalu free ongkir? Cari tau ketentuannya ya!  ^^


thankyou, 
Jangan lupa follow, comment, & share ya!

xx

You Might Also Like

0 comments

recent posts